Refleksi Perkuliahan Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan
Pada tulisan kali ini, saya akan merefleksikan apa saja yang sudah didapatkan selama satu minggu kuliah sebagai mahasiswa Pendidikan Profesi Guru. Banyak sekali yang saya dapatkan selama satu minggu ini, terlebih yang berkaitan dengan persiapan untuk menjadi seorang guru yang profesional. Mungkin, dari materi-materi yang didapatkan membuka mata saya untuk bisa lebih berefleksi apakah selama ini sudah saya dapatkan materi tersebut? Apakah saya sudah coba menerapkan apa yang ada pada materi yang diajarkan? Banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan selama perkuliahan satu minggu ini.
Pada mata kuliah Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan saya mendapatkan pengetahuan mengenai faktor-faktor yang bisa memengaruhi pendidikan atau pembelajaran anak, seperti faktor sosial, budaya, ekonomi, maupun politi. Dengan belajar faktor-faktor tersebut, menyadarkan saya bahwa dalam sebuah pembelajaran akan ada hal yang mendukung dan menghambat dan hal tersebut dapat berasal dari berbagai faktor. Dari faktor-faktor tersebut bisa membantu kita sebagai guru untuk lebih memperhatikan atau mempertimbangkan dalam menyusun strategi pembelajaran dan dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Selain itu, dengan mempelajari mata kuliah ini bisa lebih menyadarkan saya bahwa untuk melihat setiap permasalahan itu bisa dilihat dari berbagai perspektif atau sudut pandang.
Kali ini, saya akan coba untuk menjelaskan refleksi saya terkait mata kuliah Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan dengan alur MERDEKA.
1. M - Mulai dari Diri
Menurut saya, pada bagian Mulai dari Diri ini merupakan bagian awal untuk mengetahui sejauh mana penguasaan saya terkait materi yang akan dibahas lebih detail pada bagian selanjutnya. Bagian ini sangat penting untuk me-recall apa saja yang sudah didapatkan ketika kuliah S-1 dulu. Pada bagian ini pun sudah diberi kisi-kisi apa saja yang akan dibahas sehingga saya sebagai pembelajar tidak merasa kaget atau bingung untuk materi yang akan dibahas. Ternyata, dari bagian ini saya masih merasa perlu memperdalam materi, terlebih yang berkaitan dengan faktor-faktor yang memengaruhi pendidikan.
Pada proses kegiatan perkuliahan pertama secara riil, mata kuliah ini memiliki kesan tersendiri bagi saya karena dosen pengampu berusaha mengajarkan dengan menyisipkan ice breaking sehingga perkuliahan tidak monoton. Membentuk kelompok untuk diskusi dan berktukar ide terkait permasalahan atau materi yang akan dibahas. Kemudian, disimpulkan bersama-sama apa saja yang sudah didapatkan ketika berkelompok.
2. E - Eksplorasi Konsep
Dari pembelajaran pada topik satu ini saya memahami bahwa faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik sangat berpengaruh dalam pendidikan. Terlebih diberikan contoh konkret dari video-video pengajar muda dan saya diminta untuk menganalisis faktor-faktor dan permasalahan yang ada pada video sehingga ada gambaran secara konkret.
3. R - Ruang Kolaborasi
Hasil kolaborasi kami terkait pendidikan zaman kolonial dan penjajahan, serta hasil menonton kelima video dari Indonesia Mengajar membuat kami menjadi semakin sadar bahwa pendidikan itu dipengaruhi oleh berbagai faktor dan menyadarikan kami untuk bisa lebih semangat dan kreatif ketika nanti mendidik murid-murid kami kelak dengan memperhatikan faktor-faktor yang sudah kami pelajari di mata kuliah ini.
Berikut hasil kolaborasi kelompok kami KELOMPOK 3-UHUY
4. D- Demonstrasi Kontekstual
Yang sudah saya pahami dari topik ini bahwa terdapat berbagai faktor yang memengaruhi pendidikan, seperti faktor sosial, budaya, ekonomi, maupun politik. Hal itu, perlu saya ketahui agar kelak ketika saya mengajar bisa lebih menyesuaikan dengan kondisi yang ada dan bisa melihat sebuah permasalahan dari berbagai perspektif. Ternyata dari mempelajari topik satu ini bisa membuka pikiran saya bahwa banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam proses pembelajaran, seperti strategi pembelajaran yang tepat, media pembelajaran yang menarik, metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa dan juga materi yang diajarkan, dsb.
Tentunya manfaat dari mempelajari materi ini bisa meningkatkan kesiapan saya untuk menjadi seorang pengajar yang profesional. Dari pembelajaran ini bukan hanya sekadar materi yang saya dapatkan, tetapi nanti akan saya coba untuk implementasikan ketika saya mengajar. Jika dari skala 1-10 kesiapan saya untuk mengajar ada di skala 6 karena ada beberapa materi yang sebelumnya sudah saya dapatkan ketika kuliah S-1 ataupun ketika adanya kegiatan training ketika saya bekerja di tempat yang sebelumnya. Maka dari itu, saya harus menggali dan mencoba untuk riset-riset kembali apa saja yang perlu saya siapkan untuk menjadi bekal ketika saya mengajar.
Komentar
Posting Komentar